Mafia : Definitive Edition Review

Definitive Edition Review

Main Game Nostalgia Dengan Tampilan Serba Modern – Mafia : Definitive Edition Review Permainan komputer dengan genre third person action dengan nama Mafia memang sudah lama dirilis.

Mafia : Definitive Edition Review

Game yang tepatnya dirilis tahun 2002 ini dikenal sebagai salah satu permainan dengan story telling yang menarik. Bahkan daya tarik tersebut terus dijadikan motivasi untuk pembuatan Mafia : Definitive Edition yang dirilis di bulan September 2020.

Info ini tentunya menarik banyak peminat, lalu seperti apa game terbarunya? Berikut reviewnya.

Cerita Yang Masih Sama Menariknya

Kalau kamu sudah pernah main game Mafia yang dirilis bertahun tahun silam, pastinya sudah paham dengan garis cerita tentang seorang tukang taksi yang berubah menjadi mafia kawakan. Karena bertajuk definitive edition, game ini tidak mengubah lajur cerita. Hanya memberikan pembaharuan dalam detail tampilan, gameplay, dan juga mekanisme dalam game.

Jadi kamu tidak perlu khawatir ketinggalan cerita meski baru pertama kali mencoba.

Permainan ini adalah bagian pertama dari 3 rangkaian cerita mengenai Mafia di tahun 1930an. Berlokasikan di kota Lost Heaven, kamu akan bermain sebagai Tommy Angelo yang merupakan seorang supir taksi.

Setelah bertemu dengan penjahat secara kebetulan, dia mengubah takdirnya dengan ikut dalam kelompok keluarga Mafia Salieri. Karena hadiah, bayaran, dan juga keamanan yang ditawarkan, Tommy mengabdikan diri menjadi mafia kejam.

Game ini memberikan gambaran kelam dari masa keberjayaan keluarga Mafia Itali di masa sebelum peperangan, dimana senjata dan kekuatan Mafia menjadi momok bagi rakyat jelata. Bahkan Mafia : Definitive Edition yang bisa dimainkan di Playstation 4 ini masih dianggap memiliki lajur cerita terbaik.

Meski berkesan sedikit dipercepat, namun tidak bisa dipungkiri jika kamu bisa merasakan bermain menjadi seorang Mafia keren dan tangguh.

Grafik Yang Lebih Memukau

Permainan ini juga disebut sebagai re-made classic, dimana semua aspek permainan yang ada seratus persen dibuat kembali oleh developernya.

Hangar 13 dan 2K bekerja sama untuk memperbaharui dan tidak mengganti beberapa hal yang ada di game Mafia klasik. Meskipun tidak semuanya terpenuhi, setidaknya tampilan grafis yang diberikan akan memanjakan mata. Tentu saja, kamu yang pernah bermain klasik pasti akan dibuat kagum.

Tampilan yang masih kaku dan berkesan kotak pada game Mafia klasik, sudah digantikan dengan motion capture yang tampak lebih nyata. Selain itu, tampilan lingkungannya sungguh membuat mata terbelalak. Bangunan tinggi era 1930, kendaraan, pakaian, hingga tampilan desa dan detail kecil pun tidak lepas dari upgrade luar biasa.

Jika dulu hanya ada beberapa NPC yang berjalan, kini hampir setiap lokasi dipenuhi dengan orang.

Bahkan, nilai grafik dari game Mafia : Definitive Edition ini semakin memuncak jika kamu sempatkan untuk mengunjungi banyak lokasi di Lost Heaven.

Perbedaan suasana dari perkotaan dan perdesaan digambarkan dengan sangat indah. Bahkan, desain dalam ruangan dan hal hal kecil seperti kotak kayu pun tampak nyata.

Tentunya hal ini sudah sangat wajar untuk game keluaran 2010+ yang selalu mengutamakan grafik realistis.

Gameplay Yang Lebih Luas Namun Terbatas

Salah satu aspek yang membuat pemain merasa bernostalgia adalah gameplay klasik ala tahun 2000an yang berbeda dengan kekinian.

Jika kini health atau nyawa tokoh permaianan lebih panjang dan mudah diisi ulang, game ini punya cara yang berbeda.

Obat atau health kits tidak begitu berpengaruh, musuh yang lebih cerdik, dan juga peluru senjata yang cepat habis. Secara gamblang, hal ini berikan pengalaman berbeda saat bermain.

Namun secara garis besar, mekanisme permainan yang ada di game ini tidak jauh berbeda dengan game third person lainnya.

Kamu bisa berjalan, bertarung dengan fist to fist combat, melakukan teror dengan senjata, menembaki lawan, hingga kebut kebutan dengan mobil jaman jadul. Salah satu aspek permainan dari Franchise Mafia yang dibawa ke game Mafia : Definitive Edition adalah peraturan ketat dan tilang dari polisi.

Tentu saja, jika kamu buat kesalahan dengan membunuh orang di jalan, maka polisi akan datang. Tapi kamu juga bisa dikejar polisi karena ngebut di jalanan dengan kecepatan melewati batas.

Meski demikian, aspek gameplay lainnya masih termasuk memuaskan. Apalagi jika dibandingkan dengan Mafia klasik.

Pergerakan laga atau aksi loncat dan memanjat pagar atau lokasi tinggi ditambahkan untuk membuat Tommy lebih atletik.

Selain itu, aksi menembak dan menggunakan senjata yang bermacam pun tampil dan terasa lebih mengesankan.

Getaran senjata, kekuatan pukulan, dan damage yang diterima pun cukup buat pemain merasa sakit. Sama seperti game open world lainnya, kamu bisa bebas menelusuri kota untuk menikmati grafiknya yang indah.

Namun untuk membuka cerita atau permainan lainnya, kamu harus terus melanjutkan misi yang diberikan.

Berkendara Dengan Mobil Jadul Terasa Unik 

Jika pada game lain kamu akan naik mobil mewah seperti BMW hingga naik pesawat, di game ini kamu harus kendarai mobil jadul yang unik. Model yang berbeda dan juga pergerakan yang terbatas membuat kamu seakan benar benar naik mobil jaman 30an.

Yang menarik di game Mafia : Definitive Edition adalah mode regular dan simulasi dalam berkendara.

kamu bisa berkendara dengan mudah atau merasakan seperti mengendarai kendaraan di dunia nyata.

Secara garis besar, kendaraan tahun 30an tersebut beri kesan yang berbeda. Pergerakan yang terbatas, roda yang kecil, dan model yang masih ringkih beri efek permainan yang asyik.

Kamu bisa rasakan betapa lambatnya mobil berjalan, betapa beratnya untuk berbelok, hingga betapa serunya naik motor Harley jaman lawas. Sayangnya, masih ada beberapa bug yang berkesan membuat misi balapan menjadi sulit untuk diselesaikan.

Suara Dan Motion Capture Berbeda Beri Kesan Tersendiri

Salah satu hal yang membuat kangen adalah adanya karakter lama yang bisa dimainkan lagi. Di sini kamu punya kesempatan untuk memainkan Tommy, berbincang dengan Paulie dan Sam, dan juga bertransaksi dengan Don Salieri.

Karakter tersebut menjadi kunci utama dari kelarisan Mafia tahun 2002. Namun, sayangnya motion capture untuk game Mafia terbaru ini dilakukan oleh orang yang berbeda.

Jadi tampilan dan suara yang muncul di Cutscene pun jelas berbeda. Meski demikian, Mafia : Definitive Edition memiliki kualitas suara dan musik berkualitas.

Dari percakapan dialog, gemercik hujan, suara mobil, tembakan, hingga musik klasik jazz tahun 30an pasti akan membuat betah bermain.

Bahkan sinkronisasi gambar dan juga suara dari cutscene beri kesan kamu sedang menonton sebuah film, bukan sedang bermain game.

Bisa disimpulkan bahwa para pencinta game Mafia klasik tidak akan dibuat kecewa dengan edisi terbaru ini. Meski tampilan, pengisi suara, dan juga aktornya berbeda, kesan cerita yang unik masih memiliki efek yang sama.

Tentunya buat kamu anak 90an yang pernah coba game aslinya pasti akan merasa takjub dengan upgrade yang diberikan. Bisa digaris bawahi bahwa game ini berhak mendapat rating tinggi dan juga tidak boleh dilewatkan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *